Rencana Penghapusan Pajak Tiket Pesawat, Bikin Harga Tiket Lebih Murah Lho!

Setiap membuat anggaran untuk bepergian, apakah kamu sering merasa pusing untuk mencari tiket pesawat dengan harga terjangkau? Sudah banyak suara sumbang bahwa harga tiket pesawat saat ini makin mahal. Tidak bisa dipungkiri bahwa belum semua bagian dari sektor pariwisata pulih setelah pandemi dan hal ini mempengaruhi harga tiket. Namun mungkinkah harga tersebut turun, agar lebih banyak orang yang bisa membeli tiket pesawat untuk berlibur?

Baca Juga: Aktivitas Wisata di Akihabara Yang Tidak Boleh Dilewatkan

Ternyata ini bukan hal yang mustahil. Menurut situs Bisnis.com, saat ini Kementerian Perhubungan sedang menggodok rencana untuk menghapus pajak tiket pesawat. Tentu kamu tahu setiap membeli tiket, ada biaya pajak yang lumayan. Jika dihapus, maka diprediksi harga tiket bisa turun antara 9 % sampai 11 %. Latar belakang dari rencana ini adalah agar ada kesetaraan dengan moda transportasi lainnya yang sudah dihapuskan pajaknya.

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, pajak tiket ini memang lebih baik dihapuskan. Pemasukan untuk negara pun bisa dicari dari sumber lain yang tidak membebani harga tiket. Menurut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, selain menghapus pajak, alternatif lain adalah dengan menurunkan harga avtur. Ditargetkan pembahasan mengenai turunnya harga tiket pesawat diselesaikan pada akhir Agustus 2024.

Dilansir dari situs CNBC Indonesia, Kepala BKT Kemenhub Robby Kurniawan telah berdiskusi dengan Indonesia National Air Carriers Association (INACA) mengenai hal-hal apa yang bisa dilakukan untuk menurunkan harga tiket ini. Selain penghapusan pajak pertambahan nilai dan penurunan harga avtur, perlu juga diberi insentif fiskal untuk suku cadang pesawat. Bila avtur bisa dibeli dari lebih banyak penyedia, maka harganya bisa menjadi lebih terjangkau. Avtur sendiri termasuk salah satu hal yang paling mempengaruhi harga tiket.

Baca Juga: Wisata di Ubud yang Bakal Bikin Kamu Terlena

Apa pun prosesnya yang perlu dilalui, para penggemar pelesir dan juga pemilik usaha pasti mengharapkan harga yang lebih murah. Jadi beli tiket pesawat untuk healing atau mengurus bisnis tidak akan membuat kantong bolong. Kita tunggu saja berita selanjutnya ya!

Preview image credit: Savvas Kalimeris | Unsplash

Dipublikasikan pada


Tentang Penulis

Lydia Kristiani

Penjelajah dunia dan pecinta kata. Senang meluangkan waktu untuk teman, hewan dan petualangan. Ikuti perjalanan Lydia di @mrs.stork (IG)

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru