Museum dan Galeri Seni di Bandung Yang Asik Untuk Dikunjungi

Berbicara tentang Bandung maka tak lepas dari wisatanya yang menarik, kafe-kafe keren, dan tempat menarik yang menggambarkan kreatifitas kota ini. Bagi pecinta dan penikmat seni, maka menikmati hari di Bandung dengan berkunjung ke museum dan galeri seni adalah hal yang seru untuk dilakukan bersama keluarga ataupun pasangan.

Baca juga: Tempat Wisata Di Bandung, 80++ Destinasi Hits Untuk Kamu Kunjungi

Apalagi dengan adanya trend museum date atau nge-date di museum atau galeri seni, membuat tempat-tempat tersebut semakin banyak dikunjungi oleh berbagai umur. Berbagai acara dan pameran dari para seniman lokal juga kerap kali dihadirkan di museum dan galeri ini. Jadi, selalu ada alasan untuk pergi ke museum dan galeri seni di Bandung.

1. Wot Batu

Museum Bandung

Image credit: @wotbatu

Wot Batu menjadi salah satu galeri seni tergolong cukup baru di Bandung. Galeri seni ini merupakan karya dari seniman asal Bandung bernama Sunaryo. Konsepnya sangat unik karena menampilkan instalasi batu dimana batu disusun sedemikian rupa. Menggunakan bebatuan dari gunung-gunung di Jawa, batu-batu di sini memiliki makna yang penuh dengan filosofi kelahiran dan interaksi sosial sesama makhluk hidup.

Alamat: Jl. Bukit Pakar Timur No.98, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat
Jam buka: 
Selasa sampai Minggu, 10.00-13.00 dan 14.00-17.00

2. Sudut Pandang

Museum Bandung

Image credit: @sudutpandang.bdg

Sudut Pandang adalah kafe sekaligus pameran multimedia yang asik untuk museum date bersama pasangan di Bandung. Di pamerannya kamu dapat bersantai sejenak sambil memanjakan visual menikmati keindahan karya seni. Setelah puas kamu bisa lanjut mengisi perut di kafenya yang dikelilingi alam dan pepohonan sehingga membuat udara menjadi lebih sejuk.

Alamat: Jl. Pagermaneuh, RT.05/RW.07, Pagerwangi, Kec. Lembang, Bandung, Jawa Barat
Jam buka: 
10.00-21.00 (Senin-Jumat), 09.00-21.00 (Sabtu-Minggu)

3. Selasar Sunaryo Art Space

Museum Bandung

Image credit: @selasarsunaryo

Selain Wot Batu, seniman Sunaryo juga memiliki galeri di Bandung bernama Selasar Sunaryo Art Space yang memanjakan para pecinta seni. Galeri ini rutin mengadakan pameran yang menampilkan karya-karya seni kontemporer dari para seniman Indonesia dan memiliki pameran tetap hasil karya pribadi. Setelah puas menikmati keindahan seni, kamu bisa melihat berbagai buku di Pustaka Selasar dan menghangatkan tubuh dengan segelas kopi di kafe Kopi Selasar.

Alamat: Jl. Bukit Pakar Timur No.100, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat
Jam buka: 
Selasa sampai Mingu, 10.00-17.00

4. NuArt Sculpture Park

Museum Bandung

Image credit: @nuartpark

Selain lukisan, NuArt Sculpture Park juga dikenal dengan karya patung-patungnya yang memiliki nilai seni tinggi. Museum ini dimiliki oleh I Nyoman Nuarta yang dikenal sebagai desainer final bangunan istana negara di Ibu Kota Negara (IKN). Lebih dari 200 karya seni beliau dihadirkan dan bisa kamu kagumi. Tak hanya itu, ada pula taman, toko miniatur karya I Nyoman nuarta, dan kafe yang menyajikan berbagai menu makanan khas Bali.

Alamat: Setra Duta Raya No.L6, Ciwaruga, Kec. Parongpong, Bandung, Jawa Barat
Jam buka: 
Selasa sampai Mingu, 09.00-17.00

5. Grey Art Gallery

Galeri seni di Bandung yang menarik untuk dikunjungi adalah Grey Art Gallery. Nama Grat diambil dari singkatan dua nama pendirinya yaitu Grace Christianti dan Eli Yoesman. Galeri seni ini menampilkan berbagai karya seni mulai dari lukisan, sketsa, fotografi, hingga performance art. Ketika memasuk setiap ruangannya, dijamin kamu akan dibuat takjub.

Alamat: Jl. Braga No.47, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat
Jam buka: 
Setiap hari, 10.00-22.00

Baca juga: 15 Wisata Terbaru di Bandung Yang Seru Dinikmati Bersama Keluarga

Dari berbagai museum dan galeri seni di Bandung ini, mana saja yang paling ingin kamu kunjungi bersama keluarga atau pasangan sambil merasakan museum date? Selamat liburan!

Dipublikasikan pada


Tentang Penulis

Wira Dhini

Seseorang yang memiliki banyak mimpi. Hal yang selalu dilakukan adalah mencari tiket pesawat murah, backpacker ke tempat baru, menonton konser dan menonton drama Korea.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru