Korea Utara Akan Dibuka Untuk Turis Asing, Berminat Mencoba?

Bila kamu termasuk penggemar pelesir dan petualangan, berita yang satu ini akan membuatmu tertarik. Datangnya dari Korea Utara (Korut), negara yang dipimpin oleh Kim Jong Un dan selama ini terkenal sangat tertutup. Pemberitaan tentang kehidupan di Korut tidak banyak terutama di media sosial. Namun hal inilah yang justru membuat orang penasaran, bagaimana sesungguhnya suasana di Korut saat ini.

Baca Juga: Resort Di Maldives Dengan Harga Terjangkau dan Pemandangan Fantastis

Dilansir dari situs CNN Travel, turis asing dalam jumlah terbatas dapat mengunjungi Korea Utara mulai bulan Desember 2024. Sebelumnya, Korut tidak dapat dikunjungi oleh turis asing selama pandemi Covid-19. Kawasan yang direncanakan dibuka untuk turis adalah Samjiyon yang merupakan kota kelahiran Kim Jong Il, pemimpin Korut terdahulu. Kota ini merupakan area pegunungan dan populer di kalangan turis China.

Samjiyon sendiri berada di kaki Gunung Paektu dan menjadi kota yang dibangun dengan modern. Deretan rumah, apartemen, hotel, resor ski dan fasilitas medis telah dibangun di sana. Suasana bersalju dapat ditemukan bila berkunjung ke sini saat musim dingin. Namun karena letaknya tepat di bawah gunung tertinggi di Korut, bersiaplah menghadapi suhu ekstrim jika datang ketika salju turun.

Untuk saat ini, ada dua agen wisata dari China yaitu Koryo Tours dan KTG Tours yang mengonfirmasi keputusan pembukaan Korut untuk turis asing. Bahkan kedua agen ini meyakini akan semakin banyak wilayah yang dibuka bagi wisatawan. Di masa-masa sebelumnya, turis yang menyambangi Korut mayoritas adalah warga negara China dan Rusia. Namun ketika dibuka nanti, turis dari semua negara dapat berkunjung ke Korut. Di sisi lain, tetap ada pihak-pihak yang tetap meragukan berita ini.

Sebelum tahun 2020, wisata ke Korea Utara diberlakukan dengan sangat ketat. Turis dapat berkeliling kota dengan banyak syarat yang harus dipatuhi seperti hanya boleh mendokumentasikan tempat-tempat tertentu dan mengikuti jam malam. Peralatan yang dibawa pun diperiksa oleh aparat untuk memastikan tidak ada pelanggaran aturan.

Baca Juga: Turis Indonesia Termasuk Paling Banyak Mengeluarkan Uang Saat Ke Luar Negeri

Nah, jika wisata ke Korut benar-benar dibuka kembali, akankah kamu tertantang untuk berkunjung?

Preview image credit: Thomas Evans | Unsplash

Dipublikasikan pada


Tentang Penulis

Lydia Kristiani

Penjelajah dunia dan pecinta kata. Senang meluangkan waktu untuk teman, hewan dan petualangan. Ikuti perjalanan Lydia di @mrs.stork (IG)

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru