Biometric Smart Travel di Bandara Internasional Zayed, Membuat Perjalanan Semakin Nyaman

Bandara Internasional Zayed di Abu Dhabi merupakan salah satu bandara paling sibuk di dunia. Menjadi bandara internasional kedua terbesar di Uni Emirat Arab, tidak heran jika bandara ini selalu berupaya melakukan inovasi untuk meningkatkan layanannya. Baru-baru ini, Bandara Internasional Zayed memulai proyek Biometric Smart Travel. Proyek ini bertujuan memangkas waktu pengecekan dokumen dan membuat pengunjung semakin nyaman.

Baca Juga: Wisata Populer Qatar, Negeri Mengagumkan di Jazirah Arab

Nyaman karena dengan proyek ini, para penumpang tidak perlu membawa banyak dokumen ke bandara. Kerjasama dari Bandara Abu Dhabi dengan UAE’s Federal Authority for Identity, Citizenship, Customs and Port Security didukung juga oleh Next 50 yang berpengalaman di bidang artificial intelligence (AI). Data yang dikumpulkan oleh pihak-pihak berwenang dipadukan dengan teknologi biometrik sehingga penumpang tidak perlu lagi melakukan registrasi. Verifikasi identitas penumpang dilakukan dengan fasilitas gerbang pintar.

Dilansir dari situs Middle East Economy, dampak dari teknologi ini adalah semakin singkatnya waktu yang diperlukan dan jumlah sumber daya manusia pun dapat dikurangi. Integrasi dari proses pengecekan dokumen perjalanan dan tiket ini bisa memangkas waktu dari 25 detik menjadi 7 detik. Diharapkan keselamatan penerbangan dan keamanan meningkat setelah proyek ini diterapkan. Saat ini, bandara di Abu Dhabi dan maskapai Etihad Airways telah menerapkan sistem biometrik di beberapa titik bandara yang membuat penumpang dapat memproses dokumen tanpa perlu berinteraksi dengan petugas bandara.

Pada tahun 2025, sistem ini ditargetkan menjangkau seluruh titik di bandara dan digunakan pula oleh maskapai lainnya. Bahkan bandara-bandara di Abu Dhabi telah mulai menerapkan sistem biometrik dan pengenalan wajah ini di toko-toko bebas bea. Selain Bandara Internasional Zayed, ada pula Bandara Al Ain International, Al Bateen Executive, Sir Bani Yas Island dan Delma Island. Jadi bila kamu berencana hendak bepergian ke Abu Dhabi atau transit di bandara internasionalnya di masa yang akan datang, siap-siap merasakan pengalaman bepergian yang berbeda.

Baca Juga: Lion Air Siapkan Dua Rute Ke Arab Saudi, Perjalanan Umrah Semakin Mudah

Berwisata ke Abu Dhabi, ibukota dari Uni Emirat Arab ini pun bisa menjadi hal yang unik. Kota ini memiliki banyak destinasi menarik seperti pantai yang indah, bangunan bersejarah hingga penginapan eksotis. Penasaran kan dengan teknologi yang canggih ini?

Preview image credit: Zayed International Airport

Dipublikasikan pada


Tentang Penulis

Lydia Kristiani

Penjelajah dunia dan pecinta kata. Senang meluangkan waktu untuk teman, hewan dan petualangan. Ikuti perjalanan Lydia di @mrs.stork (IG)

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru