21 Oleh Oleh Khas Jepang Yang Wajib Kamu Beli dan Ada Yang Halal

Jepang masih menjadi destinasi populer dan favorit bagi wisatawan Indonesia. Wisatanya yang indah, kota yang rapi, kuliner lezat, dan surga belanja yang bikin siapapun ingin dan kembali ke Jepang.

Baca juga: 11 Hotel di Macau Bertabur Bintang dengan Fasilitas Lengkap

Namun bagi wisatawan Indonesia, liburan akan terasa kurang jika belum membeli oleh-oleh atau souvenir khas Jepang untuk keluarga, teman, atau pun diri sendiri. Ada banyak jenis oleh-oleh yang bisa kamu beli mulai dari snack hingga aksesoris. Bahkan kini beberapa oleh-oleh khas Jepang sudah mulai ramah Muslim dan Halal.

Bagi kamu yang berencana liburan ke Jepang, maka daftar ini akan mempermudahmu untuk membeli oleh-oleh khas Jepang yang unik, populer, dan beberapa diantaranya Halal.

1. Tokyo Banana

Oleh oleh khas Jepang - Tokyo Banana

Image credit: @tokyobanana_jp

Kalau mencari oleh-oleh khas Jepang maka selalu ada Tokyo Banana dalam daftar. Sesuai namanya, snack ini merupakan kue bolu berisi krim puding pisang yang lembut dan empuk. Karena semakin mendunia, Tokyo Banana kini semakin berinovasi dengan memiliki berbagai varian seperti original, puding pisang, madu, sandwich, cheese cake, dan masih banyak lagi.

Tokyo Banan mudah kamu temukan di berbagai tempat di banyak kota. Bahkan kamu bisa membelinya di department store, stasiun, hingga bandara sebelum kamu pulang. Ukurannya yang tak terlalu besar membuat snack ini banyak dipilih sebagai oleh-oleh khas Jepang untuk dibagikan kepada keluarga atau teman.

2. KitKat berbagai rasa

Oleh oleh khas Jepang - KitKat

Image credit: @kitkat_japan_official

Selain Tokyo Banana, cokelat yang satu ini juga sangat terkenal dan banyak dibeli sebagai oleh-oleh khas Jepang. Merek coklat KitKat memiliki banyak varian rasa yang unik seperti wasabi, green tea, cheese cake, ubi, kecap asin, dan masih banyak lagi. Dalam satu kemasan KitKat memiliki banyak isi dengan ukuran yang tak terlalu besar sehingga pas dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang.

3. Halal Cream Daifuku (Halal)

Oleh oleh khas Jepang - Halal Cream Daifuku

Image credit: vasiliybudarinphotos | Canva Pro

Snack khas Jepang populer lainnya juga ada yang telah memiliki sertifikasi Halal sehingga mempermudah para wisatawan Muslim untuk mencari oleh-oleh. Salah satu yang populer adalah Halal Cream Daifuku yang berupa mochi lembut dengan varian rasa matcha, café au lait, stroberi, dan mangga. Agar makin nikmat, masukkan mochi ke dalam kulkas dan makanlah setelah dingin.

4. Meiji Almond & Macadamia (Halal)

Meiji Almond & Macadamia

Image credit: meiji

Cokelat lainnya yang bisa kamu bawa sebagai oleh-oleh khas Jepang adalah Meiji Almond & Macadamia. Snack cokelat ini tidak mengandung alkohol karena terbuat dari emulsifier dari tumbuhan yang keterangannya tertera di kemasan produk. Cokelat ini berisi kacang almond yang lezat dan banyak digemari oleh anak-anak hingga dewasa.

5. Momiji manju (Halal)

Oleh oleh khas Jepang - Meiji Almond & Macadamia

Image credit: Yusuke Ide | Canva Pro

Sebelum pulang, pastikan kamu telah mencicipi kelezatan kue tradisional khas Jepang bernama momiji yang sering dibeli untuk dijadikan oleh-oleh. Ciri khas dari kue ini adalah bentuknya seperti daun maple dan berisi kacang merah. Untuk teksturnya sangat lembut dan rasanya manis sehingga pas disantap sebagai teman saat minum teh hangat.

6. Muso Castella Cake (Halal)

Oleh oleh khas Jepang - Muso Castella Cake

Image credit: Lcc54613 | Canva Pro

Muso Castella Cake menambah daftar cake yang pas dijadikan oleh-oleh khas Jepang Halal yang wajib dibeli oleh para wisatawan Muslim. Setiap gigitannya yang menghasilkan tekstur lembut membuatnya menjadi favorit bagi semua umur. Tersedia 3 varian rasa seperti cocoa with a light weet chocolate taste, fragrant bitter sweet matcha taste, dan simple honey taste yang menarik untuk dicoba.

7. Green Tea Baumkuchen (Halal)

Oleh oleh khas Jepang - Green Tea Baumkuchen

Image credit: kaorinne | Canva Pro

Okinawa Beni-imo Tart menambah daftar kue Halal yang banyak dibeli oleh wisatawan sebagai oleh-oleh khas dari Jepang. Di setiap gigitan kamu akan merasakan teksturnya yang lembut dan rasa isian ubi ungu yang manis. Bentuknya juga unik berbentuk bulat dengan lubang di tengahnya. Sebelum membelinya, harap cek kemasan untuk melihat apakah produk tersebut sudah mendapatkan Halal atau belum.

8. Oleh oleh khas Jepang - Okinawa Beni-imo Tart (Halal)

Oleh oleh khas Jepang - Okinawa Beni-imo Tart

Image credit: @beniimotart.okashigoten

Camilan berwarna ungu ini merupakan khas Okinawa, Jepang yang juga banyak dibeli wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh. Bentuknya seperti kapal laut dengan isi ubi ungu di atasnya. Meski pada umumnya telah Halal namun kamu harus memperhatikan setiap kemasannya sebelum membeli karena tidak semua telah mendapatkan label Halal.

9. Nama Chocolate

Oleh oleh khas Jepang - Nama Chocolate

Image credit: @royce_jp

Siapa yang tak suka cokelat? Baik anak-anak hingga orang dewasa banyak menyukai cokelat yang manis ini. Namun bukan Jepang namanya jika tak mengubah cokelat menjadi hidangan yang unik dengan tampilan mewah dengan harga yang ramah dompet seperti Nama Chocolate.

Nama Chocolate memiliki bentuk persegi yang dipotong kecil-kecil berbentuk persegi. Doklat beku ini juga ditaburi bubuk coklat dengan rasa yang sama sehingga menghasilkan rasa luar biasa. Ada banyak pilihan rasa yang menarik untuk dicoba seperti mild cacao, au lait, bitter, hingga champagne.

10. Matcha

Oleh oleh khas Jepang - Matcha

Image credit: aedkais | Canva Pro

Jepang memang surganya bagi para pecinta matcha. Kamu dapat dengan mudah menemukan matcha dengan cita rasa khas berkualitas tinggi namun dengan harga terjangkau di Jepang jadi tak ada salahnya untuk membeli teh hijau bubuk ini sebagai oleh-oleh. Terdapat berbagai pula ukuran kemasan yang bisa kamu sesuaikan dengan keinginanmu.

11. Ichiran Ramen Instan

Oleh oleh khas Jepang - Ichiran Ramen Instan

Image credit: @ichiran_jp

Meski tak bisa memakan ramen di negara asalnya, kamu bisa membawakan ramen instan sebagai oleh-oleh khas Jepang untuk keluarga dan teman. Salah satu yang terkenal adalah Ichiran ramen instan yang memiliki kuah berbahan dasar tulang babi dan bahan lainnya yang menghasilkan cita rasa lezat. Ramen instan juga sangat mudah kamu temukan termasuk convenience store yang buka 24 jam.

12. Tokyo Milk Cheese

Oleh oleh khas Jepang - Tokyo Milk Cheese

Image credit: @tokyomilkcheesefactorymy

Tokyo Milk Cheese kini semakin populer dan menjadi salah satu oleh-oleh khas Jepang paling banyak dicari. Tokyo Milk Cheese merupakan camilan yang memiliki tekstur seperti lidah kucing berisi krim keju.

Menggunakan bahan-bahan premium dari Eropa membuat Tokyo Milk Cheese memiliki cita rasa tinggi yang lezat dan kaya rasa. Terdapat dua varian rasa yaitu asin dan manis yang bisa kamu pilih sesuai selera.

13. Cigare au Chocolate

Oleh oleh khas Jepang - Cigare au Chocolate

Image credit: @yokumoku.co.ltd

Diberi nama cigare au chocolate karen snack ini berbentuk seperti cerutu yang bolong di tengahnya. Rasanya manis dengan tekstur yang lembut dan renyah akan membuat siapapun yang akan makan terus memakannya karena lezat. Tak perlu khawatir mudah hancur, snack ini memiliki kemasan yang aman kamu bawa perjalanan jauh sehingga banyak dibeli untuk dijadikan oleh-oleh khas Jepang.

14. Tenugui

Oleh oleh khas Jepang - Tenugui

Image credit: Chiemi Kumitani | Canva Pro

Selain oleh-oleh yang sudah populer, tak ada salahnya untuk membeli oleh-oleh lainya yang anti mainstream seperti handuk khas Jepang ini. Ukurannya yang tak terlalu besar, handuk ini banyak digunakan sebagai handuk tangan dan ikat kepala karena bahannya yang dari katun sehingga mudah menyerap keringat.

Dikenal dengan nama tenugui, handuk ini memiliki motif khas Jepang yang beragam. Handuk-handuk tersebut tersedia dalam berbagai warna yang membuat tampilannya cantik dan pas dijadikan oleh-oleh.

15. Sumpit set

Oleh oleh khas Jepang - Sumpit set

Image credit: zeropromosi | Canva Pro

Oleh-oleh khas Jepang lainnya yang mudah dibawa tanpa memakan banyak ruang dan harga yang terjangkau adalah sumpit set. Alat makan warga Jepang ini memiliki banyak desain dan warna menarik yang kini dikemas secara satuan set atau dalam jumlah banyak. Kamu dapat menemukannya secara mudah di berbagai toko souvenir di penjuru kota.

16. Gamaguchi

Oleh oleh khas Jepang - Gamaguchi

Image credit: DavorLovincic | Canva Pro

Gamaguchi atau dompet koin ini juga bisa kamu beli sebagai oleh-oleh khas Jepang. Dengan ukurannya yang tak terlalu besar, harga terjangkau, dan banyak orang menyukainya membuat dompet ini mudah kamu bawa pulang meski dalam jumlah banyak karena tidak memakan banyak tempat di kopermu.

17. Sensu

Oleh oleh khas Jepang - Sensu

Image credit: Satoshi-K | Canva Pro

Barang lainnya yang mudah kamu beli dan bawa sebagai oleh-oleh khas Jepang adalah kipas atau sensu dalam Bahasa Jepang. Sensu merupakan kipas tradisional khas Jepang yang ringan dan memiliki banyak desain. Biasanya penjual akan memajang berbagai desain kipas dengan aneka warna dan motif seperti bunga hingga tulisan.

18. Maneki Neko

Oleh oleh khas Jepang - Maneki Neko

Image credit: kororokerokero | Canva Pro

Oleh-oleh khas Jepang lainnya yang populer adalah maneki neko, patung kucing dengan satu tangan yang bisa bergerak seperti memanggil yang seringkali kamu jumpai di restoran dan toko. Dengan bentuknya yang gemas, maneki neko dipercaya dapat mengundang pelanggan agar datang ke tempat usaha mereka.

19. Daruma

Oleh oleh khas Jepang - Daruma

Image credit: | Canva Pro

Pasti kamu cukup familiar dengan boneka merah ini. Boneka ini bernama daruma yang berbentuk bulat merah dengan lukisan wajah berwarna hitam dan tidak memiliki kaki serta tangan. Jika kamu membeli daruma tanpa ada gambar mata, maka kamu dapat menggambar mata daruma dengan kuas dan tinta yang dipercaya dapat mengabulkan harapan.

Daruma juga menjadi simbol pembawa keberuntungan dan membawa harapan yang belum tercapai. Jadi banyak orang yang membeli daruma sebagai oleh-oeh khas Jepang untuk mendukung orang-orang yang diberi agar mampu menggapi mimpi dan harapannya.

20. Furin

Oleh oleh khas Jepang - Furin

Image credit: Free art director | Canva Pro

Bagi penggemar Anime pasti sudah tidak asing dengan furin. Furin adalah lonceng gantung berbentuk bola kaca kecil yang sering diletakkan di depan pintu atau jendel rumah yang akan berbunyi ketika tertiup angin layaknya anime atau dorama. Harganya pun cukup terjangkau dan mudah kamu temukan di banyak toko souvenir.

21. Kendama

Oleh oleh khas Jepang - Kendama

Image credit: bbostjan | Canva Pro

Mainan jadul ini akan mengingatkanmu dengan masa kecil. Kendama merupakan permaianan tradisional Jepang yang populer dan sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Selain anak-anak, banyak pula orang dewasa yang senang memainan permainan dari kayu dan bola ini.

Baca juga: 11 Hotel di Macau Bertabur Bintang dengan Fasilitas Lengkap

Dengan banyaknya pilihan oleh-oleh khas Jepang maka kamu tak perlu bingung harus membeli barang mana karena bisa disesuaikan dengan budget dan selera. Ukurannya pun rata-rata tak terlalu besar sehingga tak memakan banyak ruang di tas atau kopermu. Selamat berbelanja!

Dipublikasikan pada


Tentang Penulis

Wira Dhini

Seseorang yang memiliki banyak mimpi. Hal yang selalu dilakukan adalah mencari tiket pesawat murah, backpacker ke tempat baru, menonton konser dan menonton drama Korea.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru