Jelajahi Keindahan Alam Tersembunyi Hong Kong – Bagian 1

Bagi banyak wisatawan, Hong Kong adalah kota metropolitan yang menakjubkan dan penuh dengan berbagai hal seru untuk dilihat dan dilakukan. Anda akan terpesona dengan berbagai arsitektur, kulinernya yang lezat, dan terpukau dengan kesibukan penduduk lokal.

Selain gedung pencakar langit, Hong Kong punya sisi lain yang harus Anda lihat. Pulau-pulau yang jauh dari gedung-gedung glamor menyajikan lingkungan alam nan memukau yang akan membuat Anda takjub. Hong Kong penuh dengan permata keindahan alam yang tersembunyi, dan kami telah membuat daftar terbaik untuk Anda kunjungi pada perjalanan berikutnya!

Berpetualang di destinasi keindahan alam tersembunyi di Hong Kong

1. Braemar Hill

Keindahan alam tersembunyi Hong Kong

Image credit: Brian H.Y. | Flickr

Braemar Hill yang tersembunyi di Pulau Hong Kong, adalah hidden gems yang sempurna bagi wisatawan yang ingin rehat sejenak dari kota. Bukit ini juga dikenal sebagai Red Incense Burner Summit. Pendakian Braemar Hill mungkin merupakan pendakian termudah di Hong Kong, dan Anda akan disuguhi pemandangan spektakuler. Akses menuju ke sana juga cukup mudah.

Keindahan alam tersembunyi Hong Kong

Image credit: @jerry.p.97

Anda dapat naik Citybus nomor 27 dari Central Bus Terminus, atau Green Minibus 25 dari Causeway Bay. Turunlah di Braemar Hill Bus Terminus, yang terletak di dekat St Joan of Arc Secondary School. Berjalanlah sedikit hingga Anda menemukan tangga di sebelah kiri, yang akan membawa Anda ke trotoar. Di sepanjang trotoar yang lebar ini, Anda akan melihat beberapa grafiti keren di dinding sebelah kanan.

Keindahan alam tersembunyi Hong Kong

Image credit: @jerry.p.97

Di ujung jalan, terdapat tangga akan membawa Anda naik dan Anda akan tiba di jalur pendakian Braemar Hill. Jalur menuju puncak tidak terlalu sulit karena sebagian besar tanahnya datar. Jika Anda mendaki pada pagi hari, udaranya akan terasa sejuk dan menyegarkan.

Keindahan alam tersembunyi Hong Kong

Image credit: @jerry.p.97

Jika beruntung, di sepanjang jalan Anda dapat melihat beberapa satwa liar, seperti kupu-kupu dan laba-laba hutan. Ada juga sungai kecil deras yang mengalir melalui hutan menuju bukit; coba temukan dengan mengikuti suara airnya!

Setelah mencapai puncak, keluarkan kamera Anda untuk mengabadikan pemandangan Pulau Hong Kong dan Kowloon di kejauhan. Kemudian Anda pasti akan langsung menyadari bahwa Hong Kong penuh dengan petualangan pendakian yang epik, dan Braemar Hill adalah tujuan yang tepat untuk memulai.

Alternatifnya, jika Anda ingin mendaki secara menyeluruh, terdapat rute lain (yang lebih jauh) di dalam kawasan Braemar Hill yang akan membawa Anda ke area pandang utama yang sama di akhir perjalanan. Rute ini hanya perlu waktu tempuh jalan kaki sedikit lebih lama dibanding rute lainnya. Selain itu, jika ingin berpetualang, Anda dapat menjelajahi jalan memutar kecil di luar jalur utama untuk menemukan area pandang tersembunyi lain, yang juga menawarkan pemandangan menakjubkan.

2. Tai Lam Country Park

Keindahan alam tersembunyi Hong Kong

Image credit: @jerry.p.97

Jika Anda mencari pengalaman alam yang mendebarkan dan indah di Hong Kong, tidak perlu jauh-jauh. Cukup kunjungi Tai Lam Country Park yang spektakuler (juga dikenal dengan nama Tai Tong). Hamparan hijau luas yang terletak di daratan utama ini merupakan destinasi yang sangat populer bagi para pendaki, pesepeda gunung, dan pencinta alam.

Keindahan alam tersembunyi Hong Kong

Image credit: @jerry.p.97

Setibanya di pintu masuk utama Tai Lam Country Park, terdapat dua jalur utama yang bercabang menuju area hijau di sekitarnya; satu jalur untuk pengendara sepeda gunung dan satu jalur lain untuk pendaki. Tersedia juga peta taman yang memberikan gambaran jelas tentang luas keseluruhan taman, dan jumlah jalur yang dapat Anda jelajahi di kawasan ini. Cara terbaik untuk menjelajahi Tai Lam pada kunjungan pertama adalah dengan mengikuti jalur pendakian, kecuali jika Anda naik sepeda; melalui serangkaian anak tangga batu yang akan membawa Anda ke area terbuka hijau yang indah.

Keindahan alam tersembunyi Hong Kong

Image credit: @jerry.p.97

Di sini, Anda akan menemukan beberapa paviliun yang teduh dan meja kursi untuk beristirahat atau memeriksa perlengkapan sebelum memasuki taman. Di area ini juga terdapat tempat pengisian ulang air minum, di dalam kios yang menjual soda, minuman berenergi, dan makanan ringan. Selain itu, di sini juga terdapat tempat pengamatan sederhana yang memungkinkan Anda melihat cakrawala kota. Jadi pastikan Anda mengambil beberapa foto!

Keindahan alam tersembunyi Hong Kong

Image credit: @jerry.p.97

Cara terbaik untuk memulai petualangan Tai Tong adalah dengan menempuh Tai Tong Nature Trail, yang dapat Anda akses dari area terbuka yang telah disebutkan. Ada tanda besar yang menunjukkan arah yang benar. Tai Tong Nature Trail bersinggungan dengan banyak jalur lain di seluruh taman, termasuk jalur yang akan membawa Anda melewati Sweet Gum Woods yang terkenal. Saat memulai Tai Tong Nature Trail, Anda akan melihat tanda lebih kecil yang menunjukkan bahwa jalur ini merupakan bagian dari Yun Tsuen Ancient Trail, yang merupakan pertanda bahwa Anda menuju ke arah yang benar.

Keindahan alam tersembunyi Hong Kong

Image credit: @jerry.p.97

Di sepanjang jalur, Anda mungkin akan menemukan contoh flora dan fauna yang menarik, termasuk kupu-kupu yang cantik, buah beri liar, biji pinus, dan bunga-bunga liar. Tersedia juga banyak papan penunjuk jalan yang menjelaskan lebih lanjut tentang berbagai pos pemeriksaan di jalur ini. Pada akhirnya, Anda akan sampai di persimpangan jalur. Jika Anda bingung jalan mana harus dilewati selanjutnya, ikuti saja papan penunjuk jalan yang bertuliskan 'Nature Trail'. Pada dasarnya, Anda harus memperhatikan tanda-tanda yang menunjukkan jalur selanjutnya dari Yuen Tsuen Ancient Trail.

Keindahan alam tersembunyi Hong Kong

Image credit: @jerry.p.97

Secara keseluruhan, pendakian jalur Tai Tong Nature memiliki jarak tempuh rata-rata sekitar lima kilometer. Anda dapat berhenti setelah itu, atau melanjutkan ke Yuen Tsuen Ancient Trail, yang akan membawa Anda ke hutan lebih dalam. Ini adalah rute yang lebih menantang, dengan total jarak 13 kilometer yang setara dengan sekitar empat jam berjalan kaki.

Keindahan alam tersembunyi Hong Kong

Image credit: @jerry.p.97

Ikuti jalur Yuen Tsuen Ancient Trail dan akhirnya, Anda akan sampai di area terbuka lagi dengan paviliun yang lebih teduh untuk beristirahat. Di sini juga terdapat sebuah jembatan yang membentang di atas sungai deras yang merupakan anak sungai dari Tai Lam Chung Reservoir. Ini adalah tempat yang bagus untuk berfoto dan beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan.

Keindahan alam tersembunyi Hong Kong

Image credit: @jerry.p.97

Sampai di sini, Anda dapat memulai perjalanan untuk kembali. Pilihan pertama adalah mengikuti rambu-rambu jalur yang akan mengarahkan Anda kembali ke tempat parkir. Ada juga jalur bercabang di sepanjang jalur pulang yang memungkinkan Anda mengambil jalan memutar dan menjelajahi Hutan Sweet Gum. Tempat ini merupakan destinasi yang sangat populer pada musim gugur saat dedaunan berubah warna menjadi oranye dan emas.

Keindahan alam tersembunyi Hong Kong

Image credit: @jerry.p.97

Menjelajahi Tai Lam Country Park adalah aktivitas yang wajib dicoba oleh para pencinta alam di Hong Kong. Anda akan menemukan sisi baru dari pulau-pulau ini dan menyaksikan keindahan alam Hong Kong yang melimpah secara langsung.

3. Kowloon Walled City Park

Keindahan alam tersembunyi Hong Kong

Ada satu lagi hidden gem di tengah lingkungan Hong Kong yang padat. Kowloon Walled City Park adalah sebuah Taman bergaya Jiangnan yang berdiri di tempat yang dahulu merupakan Kowloon Walled City yang terkenal. Tempat yang dahulu merupakan stasiun pertahanan maritim pada abad ke-15 ini berubah menjadi kota garnisun bertembok padat penduduk dan dirobohkan pada tahun 1994. Runtuhnya Kota Bertembok ini digantikan dengan taman indah yang dipenuhi dengan jalur dikelilingi bunga yang memesona, taman yang indah, dan tugu bersejarah untuk menandai keberadaan Walled City.

Tempat belanja Hong Kong

Image credit: Leung Cho Pan via Canva Pro

Kowloon Walled City Park dibagi menjadi beberapa area utama. Pertama area Yamen, sebuah monumen yang dinyatakan sebagai satu-satunya bangunan yang masih bertahan dari era Kowloon Walled City. Yamen yang dirancang dengan gaya arsitektur Tiongkok Selatan, terdiri dari tiga baris dan empat rumah yang dibangun dengan batu bata, granit, dan atap cemara tradisional Tiongkok.

Keindahan alam tersembunyi Hong Kong

Image credit: gionnixxx via Canva Pro

Di dalam, pengunjung dapat menjelajahi tablet batu dan catatan sejarah yang berkaitan dengan Kowloon Walled City, serta pembuatan taman ini. Jangan lewatkan juga monumen City of Thousands Faces, sebuah pameran permanen yang menampilkan era lampau Kowloon Walled City melalui model miniatur perunggu, dan penampang penampakan sebelum kota dihancurkan.

Keindahan alam tersembunyi Hong Kong

Image credit: OSTILL via Canva Pro

Rasakan ketenangan di The Garden of Four Seasons (juga dikenal sebagai Guanyin Square). Di sini, Anda akan menemukan pajangan bebatuan, tanaman musiman, dan bonsai bergaya Lingnan. Beberapa semak di taman ini juga telah dibentuk dengan hati-hati menjadi bentuk burung phoenix dan naga.

Keindahan alam tersembunyi Hong Kong

Image credit: OSTILL via Canva Pro

Taman lain yang perlu Anda kunjungi adalah Garden of The Chinese Zodiac, area berumput yang berisi 12 patung hewan dari batu putih yang mewakili zodiak Tionghoa. Patung lucu yang dibuat dengan gaya dinasti Han dan Qing ini duduk dengan tenang di bawah pohon kapas dan ara karet di sekitarnya.

Keindahan alam tersembunyi Hong Kong

Kowloon Walled City Park juga menjadi rumah bagi bangunan ikonis seperti Six Arts Terrace, ruang taman yang menawan di depan paviliun bergaya tradisional Tiongkok. Tempat ini merupakan tempat yang populer untuk mengadakan upacara dan resepsi pernikahan lokal. Selain itu, kunjungi pula Mountain Pavilion yang berlantai dua. Sudut atap tradisional yang melengkung ke atas menambah pesona unik pada strukturnya yang mengingatkan pada perahu. Di dalam, Anda akan menemukan becak merah klasik Hong Kong (yang dahulu menjadi pemandangan umum di kota ini) yang dipamerkan.

4. Mai Po Nature Reserve

Image credit: WinsomeMan via Canva Pro

Mai Po Nature Reserve dan Inner Deep Bay Wetlands yang terletak di sudut barat laut Hong Kong merupakan salah satu area terpenting bagi keanekaragaman hayati di Hong Kong. Lahan basah ini merupakan habitat yang dilindungi dan cara terbaik untuk mengunjunginya adalah dengan memesan tur melalui situs web World Wildlife Fund (WWF). Mai Po adalah surga alami yang menjadi rumah bagi lebih dari 400 spesies burung, termasuk spesies penting, seperti Black-faced Spoonbill, Camar berkepala Hitam, dan Little Ringed Plover.

Keindahan alam tersembunyi Hong Kong

Image credit: EarnestTse via Canva Pro

Fauna lain yang berkeliaran di lahan basah ini mencakup berang-berang Eurasia, kerbau, dan berbagai hewan serta serangga air. Medan di sini terbagi menjadi lima area utama; yaitu gei wai, kolam air tawar, rawa-rawa lumpur pasang surut, hutan bakau, dan padang alang-alang. Melalui tur yang diselenggarakan oleh WWF, Anda dapat mengunjungi Cagar Alam Mai Po dan menikmati beragam aktivitas, seperti menjelajahi berbagai jenis lahan basah di dalam cagar alam, berjalan-jalan di hutan bakau, dan menikmati safari malam.

5. Lantau island

Keindahan alam tersembunyi Hong Kong

Image credit: gionnixxx via Canva Pro

Lantau Island adalah pulau terbesar di antara banyak pulau di Hong Kong dan merupakan bagian dari New Territories. Kunjungan ke sini akan langsung mengungkap betapa banyak petualangan indah yang tersembunyi di sekitar Hong Kong. Mulailah penjelajahan Anda dengan menaiki kereta gantung Ngong Ping 360 yang berangkat dari Tung Chung menuju Ngong Ping Village, yang tenang. Di sepanjang perjalanan Anda dapat menyaksikan pemandangan Lantau yang menakjubkan. Dari sini, Anda juga dapat melihat Big Buddha dan Hong Kong-Zhuhai Macao-Bridge.

Keindahan alam tersembunyi Hong Kong

Image credit: LewisTsePuiLung via Canva Pro

Kunjungi Cheung Sha Beach dan Pui O Beach untuk bersantai di atas pasir dan menghirup udara segar. Kedua destinasi ini merupakan pilihan utama pantai terbaik di Hong Kong. Meskipun Pui O merupakan pilihan yang lebih jauh, hamparan pasir putih yang membentang sepanjang tiga kilometer di Cheung Sha menjadikannya sebagai salah satu pantai terpanjang di Hong Kong. Tempat ini juga merupakan destinasi yang tepat untuk mencoba olahraga air, seperti kayak, selancar angin, dan kiteboarding.

Keindahan alam tersembunyi Hong Kong

Image credit: AlexanderXXI via Canva Pro

Selain pantai dan pemandangan yang indah, Lantau Island juga punya Lantau Trail yang terkenal. Jalur sepanjang 70 kilometer ini melintasi sebagian besar pulau, mencakup beberapa area pandang yang memukau dan pemandangan alam liar. Secara keseluruhan jalur ini dibagi menjadi 12 bagian dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Dari semua bagian tersebut, jangan lewatkan pendakian ke Sunset Peak, yang seperti namanya, merupakan tempat yang fantastis untuk menikmati pemandangan matahari terbenam terbaik di pulau ini. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada musim gugur atau musim dingin ketika silvergrass di sekitarnya memperlihatkan kilau paling terang.

6. Dragon’s Back

Keindahan alam tersembunyi Hong Kong

Image credit: atosan via Canva Pro

Inilah Dragon’s Back. Salah satu rute pendakian paling populer di Hong Kong Island. Dragon's Back yang tidak ditujukan untuk pemula, membelah jalur melintasi Shek O Peak Country Park dan dimulai dari halte bus To Tei Wan. Dari sana, rute pendakian akan mengarahkan Anda naik ke lereng hutan berbukit yang menanjak perlahan dan memasuki gunung sebelum berakhir di Big Wave Bay. Jalur ini merupakan perjalanan yang panjang dan sulit dengan empat pos pemeriksaan utama di sepanjang perjalanan; Shek O Peninsula Viewing Point, Shek O Peak, Dragon’s Back Viewing Point, dan Pottinger Gap.

Keindahan alam tersembunyi Hong Kong

Image credit: gionnixxx via Canva Pro

Shek O Peninsula Viewing Point menawarkan pemandangan indah Shek O Peninsula dari teras kayu sederhana. Titik ini merupakan tempat yang tepat untuk beristirahat sebelum melanjutkan ke jalur pendakian berikutnya, yaitu jalur pendakian sepanjang 284 meter ke Shek O Peak. Di puncak, Anda akan menemukan area terbuka yang tenang dan menawarkan pemandangan menakjubkan Shek O Peninsula. Lihatlah Big Wave Bay di kejauhan untuk mengetahui asal-usul Dragon's Back mendapatkan namanya, jalur ini melengkung ke belakang di samping jalan seperti naga yang sedang tidur.

Keindahan alam tersembunyi Hong Kong

Image credit: Leung Cho Pan via Canva Pro

Tempat peristirahatan lainnya yaitu Dragon's Back Viewing Point, yang berada di ujung jalur. Saat cuaca cerah, Anda dapat menikmati pemandangan 360° dari landmark di sekitarnya, termasuk Stanley, Tai Tam Bay, bahkan Pulau Lamma di kejauhan. Tepat sebelum Anda mencapai Big Wave Bay, ada satu pemberhentian lagi dalam perjalanan; Pottinger Gap. Area terbuka kecil yang dikelilingi pepohonan hijau cerah ini memiliki paviliun teduh yang cocok untuk beristirahat. Terakhir, Anda dapat menempuh perjalanan menuruni bukit yang curam menuju teluk tempat pantai yang indah menanti.

Baca juga: Kembali ke Hong Kong: 8 Atraksi Wisata Keren yang Belum Diketahui Banyak Wisatawan

Hong Kong memiliki banyak permata alam tersembunyi untuk diungkap, dan kami telah menyimpan beberapa pilihan terbaik untuk bagian terakhir. Lanjutkan membaca untuk menemukan lebih banyak destinasi wisata alam yang indah dan menakjubkan di Hong Kong!


Dipersembahkan oleh Hong Kong Tourism Board

Dipublikasikan pada


Tentang Penulis

Wira Dhini

Seseorang yang memiliki banyak mimpi. Hal yang selalu dilakukan adalah mencari tiket pesawat murah, backpacker ke tempat baru, menonton konser dan menonton drama Korea.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru