Cara Mengajukan Visa Turis Irlandia Untuk Pemegang Paspor Indonesia

Bagaimana cara mengajukan visa Irlandia untuk pemegang paspor Indonesia? Benarkah ada layanan visa Irlandia gratis diberikan untuk pemegang paspor Indonesia?

Di artikel ini, pertanyaan tersebut bisa dijawab dengan jelas. Bahkan kamu bisa mengetahui cara mengajukan visa turis Irlandia, dan tips mengunjungi Irlandia tanpa visa kurang dari 90 hari. Yuk, simak semua info seputar cara mengajukan visa turis Irlandia di bawah ini!

1. Apa itu visa turis Irlandia?

Visa turis Irlandia adalah izin masuk yang diberikan kepada warga negara Indonesia. Ada pun maksud dari kunjungan ke Irlandia adalah untuk tujuan wisata atau perjalanan rekreasi, mengunjungi teman dan anggota keluarga yang tinggal di Irlandia. Meskipun termasuk anggota Uni Eropa, Irlandia memiliki hak untuk tidak ikut serta dalam Wilayah Schengen dan. Oleh karena itu, Irlandia dapat menetapkan kebijakan visanya sendiri.

Visa turis Irlandia juga dikenal sebagai visa kunjungan singkat Tipe C. Visa ini dibagi2 dalam dua jenis, yaitu single entry visa dan multiple entry visa. Pemohon diharuskan untuk memberikan surat undangan dari tuan rumah yang akan mereka kunjungi di Irlandia. Pemohon juga diharuskan untuk memberikan bukti bahwa yang bersangkutan bermaksud untuk kembali ke negara tempat tinggal setelah kunjungan selesai.

Dalam aturannya, pemohon diminta memberikan bukti mampu sepenuhnya menghidupi diri mereka sendiri secara finansial selama masa tinggal di Irlandia. Bukti ini harus berupa laporan bank terperinci yang mencakup periode enam bulan. Pembatasan mata uang untuk masuk dan keluar Irlandia adalah 10,000 Euro.

Jika permohonan visa disetujui, kamu diharuskan memiliki asuransi perjalanan/kesehatan sebelum bepergian. Kamu tidak akan diizinkan masuk Irlandia tanpanya. Dalam kasus lain, kamu mungkin diminta untuk menyerahkan bukti asuransi perjalanan/kesehatan sebelum visa diberikan.

Mendapatkan visa tidak secara otomatis berarti kamu akan diizinkan masuk Irlandia. Petugas imigrasi di kontrol perbatasan dapat menolak kamu masuk meskipun memiliki visa.

2. Syarat mendapatkan visa turis Irlandia

Untuk pemegang paspor Indonesia, syarat yang dibutuhkan untuk membuat visa turis Irlandia adalah:

  • Paspor asli Indonesia yang masih berlaku minimal 6 bulan dari tanggal kedatangan.Paspor juga harus memiliki 2 halaman kosong untuk stempel visa.

  • Formulir permohonan visa yang telah diisi dan ditandatangani. Jika pemohon masih di bawah umur, orang tua/wali yang sah harus menandatangani formulir tersebut.

  • 2 foto ukuran paspor (35 mm x 45 mm) yang diambil dengan latar belakang putih atau abu-abu muda.

  • Dokumen perjalanan.

  • Bukti dukungan finansial.

  • Bukti akomodasi.

  • Fotokopi tiket pesawat pulang pergi.

  • Dokumen yang menunjukkan hubungan pemohon dengan negara asal, misalnya verifikasi dari pemberi kerja pemohon.

  • Dokumen yang mengonfirmasi tujuan perjalanan.

  • Fotokopi rencana perjalanan.

3. Cara mengajukan visa turis Irlandia

Lengkapi formulir aplikasi visa secara daring. Pengisian aplikasi visa bisa dilakukan di sini. Kamu kemudian perlu mencetak dan menandatangani lembar ringkasan.

Berikutnya, di akhir aplikasi daring, pihak Imigrasi Irlandia akan memberi tahu ke mana harus menyerahkan aplikasi beserta dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Ada pun dokumen yang dibutuhkan antara lain:

  • Formulir aplikasi visa

  • Dokumen pendukung

  • Paspor terkini (masa berlaku paspor minimal 6 bulan setelah tanggal keberangkatan dari Irlandia atau 12 bulan jika mengajukan visa tinggal lama).

  • Paspor sebelumnya (salinan paspor sebelumnya jika yang asli tidak tersedia) 2 x foto (pastikan memenuhi persyaratan yang ditentukan)

  • Biaya

Aplikasi visa yang sudah lengkap kemudian harus diserahkan ke kantor pemrosesan visa yang relevan. Simpan nomor referensi visa AVATS 8 digit Anda (terletak di halaman pertama lembar ringkasan).

Semua dokumen harus:

  • asli

  • terbaca

  • dapat diverifikasi dalam bahasa Inggris atau Irlandia, atau diterjemahkan dengan terjemahan yang disertifikasi

  • tidak dalam amplop atau map

Kamu juga harus menyerahkan fotokopi semua dokumen termasuk setiap halaman paspor. Pastikan kamu memisahkan dokumen asli dari dokumen fotokopi. Keputusan aplikasi dan dokumentasi asli akan dikembalikan kepada pemohon.

Pihak Imigrasi Irlandia bisa menolak aplikasi jika:

  • dokumen tidak lengkap

  • dokumen tidak diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris atau disertai dengan terjemahan yang disahkan oleh notaris

  • Pihak imigrasi tidak bisa memverifikasi informasi yang diberikan

4. Biaya membuat visa turis Irlandia

Biaya pembuatan visa turis Irlandia tergantung pada tipe visa yang dipilih. Untuk visa single entry, pemohon diwajibkan membayar 60 Euro, sementara untuk visa multiple entry dibebankan biaya sebesar 100 Euro.

Kamu bisa membayar biaya dalam mata uang lokal dengan nilai tukar yang relevan. Perlu dicatat juga bahwa biaya visa tidak dapat dikembalikan, terlepas dari hasil pengajuan pemohon.

Lakukan pembayaran visa, dalam mata uang Rupah dengan nilai tukar yang relevan, langsung ke konsulat. Ada pun alamat Kedutaan dan Konsulat Irlandia di Indonesia adalah World Trade Centre 1, L-14 Jalan Jend. Sudirman kave 29-31, Jakarta, 12920, Indonesia. Nomor kontak yang bisa dihubungi adalah (+62) 21 2809 4300.

5. Bisakah mengunjungi Irlandia tanpa visa?

Menurut Kedutaan Besar Irlandia di Indonesia, melalui akun Instagramnya, ada cara khusus untuk bisa masuk ke Irlandia tanpa visa.

Pemegang paspor Indonesia dengan visa Inggris yang sah bisa mengunjungi Irlandia kurang dari 90 hari tanpa visa Irlandia. Kamu memenuhi syarat untuk program pembebasan visa kunjungan singkat ini. Ada pun syaratnya antara lain:

  • Memiliki visa kunjungan singkat Inggris yang memenuhi syarat

  • Kunjungan ke Irlandia berakhir sebelum izin tinggal kamu di Inggris berakhir (ini diberikan oleh pejabat imigrasi Inggris saat kamu melewati imigrasi Inggris)

  • Kamu memasuki Inggris melewati imigrasi (melalui darat dan diberikan izin tinggal di Inggris) sebelum melakukan perjalanan ke Irlandia

Informasi lebih lengkap mengenai program ini bisa dilihat di sini.

Baca juga: Panduan Mengajukan Visa Inggris (UK) Untuk WNI

Nah, tertarik memiliki visa turis Irlandia Dan menjelajah kota-kota di Dublin dan sekitarnya? Ajukan permohonan visa turis Irlandia kamu sekarang juga, ya!

Dipublikasikan pada


Tentang Penulis

Widya Astuti

Penulis di TripZilla

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru